Air Terjun Banyumala Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru September 2021

Air Terjun Banyumala Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru September 2021 –  Bali selalu memiliki wisata yang tidak henti-hentinya membuat kita takjub akan keindahannya. Terdapat berbagai macam wisata yang dapat anda kunjungi di pulau ini seperti wisata Uluwatu Temple, Pantai Cinta Kedungu, hingga wisata cafe seperti Montana Del Cafe yang dapat anda temui di pulau bali ini. pada kesempatan kali ini kami akan memberikan referensi tempat wisata alam yang cukup bagus untuk dapat anda jadikan tujuan wisata. Namanya adalah Air Terjun Banyumala.

Wisata Air Terjun Banyumala atau yang dikenal dengan Air Terjun Kembar Banyumala merupakan air terjun kembar yang dimiliki oleh pulau Bali, tepatnya berada di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Dikelilingi oleh deretan bukit-bukit karena berada di kawasan dataran tinggi Bali Utara, lokasi air terjun ini memiliki udara yang sangat segar. Jika bosan hanya mengunjungi pantai ketika ke Bali, mengunjungi air terjunnya adalah pilihan yang tepat untuk melepaskan penat anda dengan kehidupan anda di kota besar.

Daya Tarik Air Terjun Banyumala Bali

Air Terjun Banyumala Dilihat Dari Atas Image From @rakaontrip
Air Terjun Banyumala Dilihat Dari Atas Image From @rakaontrip

Lokasi yang masih cukup tersembunyi dan jauh dari pusat kota Denpasar membuat air terjun ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Dengan luas wilayah 173 km2, daerah ini terkenal dengan banyak  air terjunnya indahnya. Karena lokasinya yang berada di dalam hutan yang cukup rindang, air terjun ini cocok dengan anda yang ingin berwisata tetapi ada sedikit nuansa berpetualangnya. Mengunjunginya pada bulan Juli & Agustus, anda akan mendapatkan momen menghirup aroma cengkeh & kopi milik warga sekitar yang oleh para petani akan dilakukan panen. Jadi anda tidak akan merasakan bosan pada saat perjalanan meneju ke air terjunnya.

Memandangi air terjun ini dari sudut manapun tidak akan pernah membuat mata kita bosan. Ada dua air terjun yang kecil pada kanan kirinya, menghimpit air terjun yang besar pada posisi tengahnya. Tinggi dari air terjun ini kurang lebih setinggi 20 meter. Jangan lupa berenang untuk menikmati airnya yang jernih dan tenang. Karena kondisi airnya cukup tenang, anda akan merasa aman ketika berenang disini. Tetapi air kolam ini cukup dingin karena letaknya pada dataran tinggi. Bentuk kolam air terjun ini adalah bulat dan diameternya diperkirakan seluas 20 meter.

Ada beberapa pilihan kolam pada air terjun tersebut, jadi jika anda tidak bisa berenang, anda dapat memilih lokasi yang lebih dangkal. Air terjun Banyumala ini tidak memiliki aliran air terlalu deras, sehingga anda bisa berenang dibagian bawahnya namun tetap harus berhati-hati. Banyak batu-batu alam disini, ketika lelah berenang atau anda sedang tidak ingin bermain air, pengunjung bisa duduk diatas batu-batu disekitar air terjun ini sambil mendengarkan suara kicauan burung. Air terjun ini memiliki banyak spot foto yang dimiliki secara alami, jadi anda tidak perlu menggunakan bnyk properti agar mempercantik foto atau video yang anda ambil.

berikut kami berikan peta lokasi Air Terjun banyumala yang dapat anda buka pada link berikut. hal ini berguna untuk menentukan rute perjalanan dari lokasi anda menuju ke lokasi wisata Air Terjun Twin Waterfall Banyumala. GoogleMaps

Fasilitas Umum di Air Terjun Banyumala

Fasilitas yang tersedia disini hanya ada toilet umum dan ruang ganti saja yang letaknya disebelah air terjun. Tidak ada tempat untuk membeli makanan atau minuman, jadi persiapkan makanan dan minuman ketika datang kesini. Jangan lupa membawa kantong tambahan untuk sampah, agar ketika mengunjunginya anda tidak mengotori sekitar air terjun tersebut.

Lokasi Dan Jam Buka Air Terjun Banyumala

Lokasi air terjun ini dari pusat kota Denpasar berjarak kurang lebih 2,5 jam atau sejauh kurang lebih 65 km. lebih tepatnya di desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng Provinsi Bali. Anda dapat mengunjungi wisata ini mulai dari jam 08 sampai dengan jam 17.00. Sepanjang perjalanan menuju air terjun, anda akan dimanjakan oleh banyaknya pemandangan alam yang sangat luar biasa. Akan ada banyak jalan berbukit yang akan anda lewati. Dua danau pun akan dilewati, yaitu Danau Beratan dan Danau Buyan & Tamblingan (Twin Lake).    

Jika saat menuju air terjun ini anda menggunakan mobil, perlu diingat bahwa akses menuju lokasi air terjun cukup sempit, hanya muat satu mobil saja. Jadi akan lebih mudah jika anda mengendarai sepeda motor untuk melewati jalan tersebut sambil mencari sensasi mengendarai di Bali dengan udara yang seperti di Puncak. Saat kondisi cuaca hujan, anda harus lebih berhati-hati karena kondisi jalan yang sempit dan bukan aspal, melainkan hanya semen.

Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 15-30 menit dari loket untuk menuju air terjun tersebut. Perjalanan akan cukup menguras tenaga karena banyak menuri dan menaiki anak tangga menembus hutan dan kebun cengkeh & kopi milik warga, jadi sediakan tenaga lebih ketika mengunjunginya. Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman saat mengunjunginya agar anda menikmati perjalanannya. Sandal gunung akan sangat cocok digunakan, hindari menggunakan sandal jepit untuk menghindari slip ketika jalanannya sedikit licin.

Tetapi semua lelah yang dilewati akan sangat terbayar ketika anda sampai ditujuan dan melihat keindahan dari Air Terjun Kembar Banyumala.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Banyumala

Ada 2 harga tiket masuknya sebesar Rp. 20.000,- per-orang untuk warga lokal dan Rp. 30.000,- per-orang untuk warga negara asing.

Anda harus menempuh kurang lebih 250 meter untuk menuju lokasi pembelian tiket, tetapi jika anda lelah untuk berjalan, warga lokal menyediakan taxi ojek yang dapat mengantarkan anda menuju loket tiketnya dengan tarif Rp. 25.000,- .

Galeri Foto Air Terjun Banyumala

Berikut merupakan beberapa foto-foto suasana yang ada di Air Terjun Banyumala yang dapat anda lihat demi mengetahui lebih detail dan secara visual keindahan air terjun yang berada di buleleng ini.

Daya Tarik Air Terjun Banyumala Image From @bagusmarthayoga
Daya Tarik Air Terjun Banyumala Image From @bagusmarthayoga
Keindahan Alami Air Terjun Banyumala Image From @sashajuliard
Keindahan Alami Air Terjun Banyumala Image From @sashajuliard
Spot Foto Air Terjun Banyumala Bali Image From @wiraseto
Spot Foto Air Terjun Banyumala Bali Image From @wiraseto
Berfoto Di Air Terjun Banyumala Bali Image From @agussuradnyana Official
Berfoto Di Air Terjun Banyumala Bali Image From @agussuradnyana Official

Sekian informasi wisata yang dapat kami bagikan kali ini. semoga artikel yang membahan salah satu air terjun menarik yang ada di buleleng bali ini membuat anda tertarik untuk datang berkunjung. Jangan lupa untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap lestari bila berkunjung. Sampai bertemu di artikel menarik lainnya dan selamat berlibur. Salam wisatamilenial.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *