Candi Cetho Karanganyar Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru Juni 2021

Candi Cetho Karanganyar Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru Juni 2021 – Indonesia terkenal dengan kekayaan peninggalan sejarahnya. Banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah dari zaman dahulu yang tersimpan dan terawat hingga kini, mulai dari prasasti, arca-arca, candi dan lain sebagainya. Salah satu peninggalan sejarah yang dirawat dan masih bisa kita lihat hingga saat ini adalah candi. Ada banyak sekali candi-candi yang berada di Indonesia, sebut saja Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko dan candi-candi lainnya. Kali ini wisatamilenial akan membawa anda untuk berkunjung ke salah satu candi peninggalan kerajaan Hindu di daerah Karanganyar, Jawa Tengah yang terkenal karena panoramanya yang Indah dan merupaka salah satu Candi Tertinggi di Indonesia. Bagaimana serunya berwisata di Candi Cetho, Let’s get to know!

Daya Tarik Candi Cetho Karanganyar

Candi Cetho merupakan candi peninggalan kerajaan Hindu yang diperkirakan dibangun pada tahun 1451-1470 Masehi di akhir masa Kerajaan Majapahit atau pada masa pemerintahan Prabu Brawijaya V.  Letak Candi Cetho ini berada di Lereng Gunung Sewu dengan ketinggian 1496 mdpl membuat candi ini menjadi salah satu candi tertinggi di Indonesia. Bagi para pendaki, Candi Cetho juga merupakan satu diantara beberapa alternatif jalur pendakian menjuju puncak Gunung Lawu yang paling digemari. Candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1928 oleh Dinas Purbakala Hindia Belanda dalam keadaan terpendam. Saat ditemukan, candi ini berwujud sebuah reruntuhan dengan 14 teras yang memanjang dari barat ke Timur. Struktur bangunan yang berbentuk undakan atau bertingkat diduga kuat merupakan kultur budaya nusantara dengan Hinduisme. Saat ini Candi ini telah dipugar namun hanya 9 teras saja.

Berdasarkan sejarah yang di terangkan di dalam prasasti yang ditulis dengan huruf Jawa Kuno pada dinding gapura teras ke delapan candi ini merupakan tempat peruwatan (pembebasan diri dari kutukan) namun kini candi ini dijadikan tempat pemujaan bagi umat Hindu dan tempat pertapaan bagi penganut asli kejawen.

Daya tarik Candi Cetho tidak hanya pada bentuk bangunan dan relief-relief yang terdapat pada dinding-dinding candi, namun pengunjung yang ingin berkunjung ke candi ini juga akan dimanjakan oleh keindahan panorama sekitar candi. Dalam perjalanan menuju lokasi candi ini, pengunjung akan disambut hamparan hijau kebun teh dan udara sejuk berkabut dengan suhu rata-rata 20o Celcius. Selain itu, karena letak candi Cetho yang berada di lereng gunung membuat anda dapat menikmati pemandangan sekitar candi dari ketinggian dan anda juga dapat melihat jajaran pegunungan seperti Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Gunung Lawu. Sangat eksotis bukan?

Fasilitas Umum yang ada di Candi Cetho Karanganyar

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Candi Cetho ini, jangan khawatir mengenai fasilitas umum di Candi ini. Candi Cetho telah dilengkapi fasilitas-fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung. Berikut fasilitas-fasilitas yang terdapat di candi Cetho :

  • Parkir luas
  • Penginapan mulai dari Rp. 50.000/malam
  • Warung Makan
  • Toilet
  • Tempat Ibadah
  • Rest Area
  • Toko-Toko Souvenir

Lokasi Candi Cetho Karanganyar

Bila anda ingin berkunjung ke tempat wisata yang satu ini anda dapat mendatanginya di lokasi wisata candi Cetho yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tepatnya di Dukuh Cetho, Desa Gumeng, Kec. Jenawi. Candi ini berada di lereng Gunung Lawu sebelah barat. Untuk mencapai lokasi ini anda dapat menggunakan Google Maps. Berikut link maps yang dapat anda gunakan untuk menemukan rute wisata candi ini. GoogleMaps

Harga Tiket Masuk Candi Cetho Karanganyar

Keindahan peninggalan peradaban kerajaan Hindu ini dapat anda nikmati dengan harga tiket yang sangat murah. Harga tiket dibanderol dengan harga Rp. 10.000,- saja untuk wisatawan lokal, sedangkan untuk wisatawan mancanegara harga tiket dibanderol seharga Rp. 30.000,-. Ketika memasuki tempat wisata ini, anda akan diberikan kain poleng, yaitu kain bermotif kotak-kotak hitam putih seperti papan catur.

Tempat Wisata sekitar Candi Cetho Karanganyar

Ketika anda berkunjung ke Candi Cetho, anda juga dapat mampir ke beberapa tempat wisata lainnya yang terletak tidak jauh dari Candi Cetho, seperti Candi Kethek dan Pelataran Dewi Sarasvati yang masih berada dalam satu kawasan candi Cetho ini. Candi Kethek yang berasal dari kata “Khetek” adalah bahasa jawa yang berarti “kera”. Kawasan ini dinamakan Candi Kethek karena memang di sekitar candi ini banyak sekali kera liar yang berkeliaran. Namun suasana di candi ini cukup tenang bila dibandingkan dengan suasana di Candi Cetho, itu sebabnya banyak pengunjung Candi Cetho yang datang ke lokasi ini untuk mencari ketenangan dan untuk melihat langsung serta berinteraksi dengan para kera. Sementara untuk Pelataran Dewi Sarasvati adalah pelataran yang terdapat patung Dewi Sarasvati, lokasi ini merupakan lokasi wisata religi bagi para penganut agama Hindu.

Selain itu, anda juga dapat mengunjungi wisata Grojogan Sewu yang berlokasi di Tawangmangu. Ini merupakan salah satu wisata hits yang juga berada di daerah Karanganyar. Di sana anda akan melihat air terjun dengan pemandangan yang masih sangat asri.

Galeri Foto Candi Cetho Karanganyar

Semakin penasaran dengan wisata Candi Cetho? Tenang, berikut kami berikan beberapa referensi foto di kawasan wisata candi Cetho untuk menjawab rasa penasaran anda.

Icon di Candi Cetho Karanganyar, Image From @danarsibolang

Candi Cetho Karanganyar, Image From @syafaat.mu
Suasana Pengunjung di Candi Cetho Karanganyar, Image From @rlosherl
Berfoto Bersama di Halaman Candi Cetho Karanganyar, Image From @sumbing_tourandtravel
Bersantai di Candi Cetho Karanganyar, Image From @nitasnaa_
Spot Foto di Candi Cetho Karanganyar, Image From @arahkelana.co

Demikianlah informasi wisata Candi Cetho yang menawarkan wisata alam memukau, wisata sejarah, serta wisata religi yang menjadi saksi bisu peradaban kerjaan hindu di Karanganyar. Semoga artikel ini bisa menambah referensi liburan kamu dan sampai jumpa di artikel-artikel tempat wisata menarik selanjutnya di wisatamilenial.com