Tips & Info Destinasi Wisata di Nusa Penida Bali Terbaru

Tips dan Info Destinasi Wisata di Nusa Penida Bali Terbaru September 2021 – Nusa Penida telah menjadi pulau yang sangat sering disinggahi wisatawan ketika sedang berkunjung ke Pulau Bali. Semenjak tahun 2018 peningkatan pengjung ke pulau ini terlihat cukup signifikan. Naiknya jumlah pengunjung ke pulau ini dikarenakan pesatnya informasi berupa konten-konten foto maupun video di sosial media yang memperlihatkan cantiknya pulau yang berada di sebelah tenggara Pulau Bali.

Tak hanya sekedar ramai di negerinya sendiri, indahnya wisata-wisata yang dimiliki pulau ini telah ramai samapai ke mancanegara. Hal tersebut juga terbukti dengan tingginya minat wisatawan asing ketika datang ke Bali sekaligus ke Nusa Penida juga.

Pada kesempatan ini wisatamilenial akan membahas seputar tips, info dan destinasi wisata yang ada di Pulau Nusa Penida sebagai refrensi untuk anda yang ingin mengunjungi pulau cantik ini.

Sekilas Tentang Nusa Penida Bali

Nusa Penida Bali Image From @nusapenida_tour_bali
Nusa Penida Bali Image From @nusapenida_tour_bali

Nusa Penida adalah sebuah pulau bagian yang berada di sebelah tenggara Bali dan dipisahkan oleh Selat Badung. Di sekitar pulau ini juga terdapat banyak pulau-pulau kecil lainnya yang dapat anda jadikan sebagai destinasi wisata lainnya seperti Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.

Anda dapat mengunjungi pulau-pulau ini dengan menyebrangi dari beberapa dermaga yang menyediakan penyebrangan menuju ke pulau ini. GoogleMaps

Waktu Yang Tepat Mengunjungi Nusa Penida Bali

Jika anda ingin berlibur ke pulau ini, baiknya anda memilih waktu yang tepat agar dapat menikmati dan menjelajahi pulau ini dengan lebih nyaman dan puas. Bali memiliki waktu-waktu yang cukup ramai / high season dikunjungi oleh para pengunjungnya. Seperti pada libur-libur sekolah, hari raya dan akhir tahun. Tetapi dikarenakan masih berada di suasana pandemi, Bali masih terlihat sangat sepi untuk sektor pariwisatanya, sehingga tidak begitu memiliki waktu yang pasti untuk high season-nya saat ini.

Mengunjungi Nusa Penida ada baiknya adalah ketika musim kemarau, waktu tersebut dipilih karena dapat membuat kita leluasa menjelajahi pulau ini, tapi pepohonan maupun tumbuhan-tumbahan mungkin sedikit berwarna kecoklatan dan tak sehijau foto-foto yang terlihat.

Sedangkan jika kita mengunjungi pulau ini di saat musim hujan, pemandangan sekitar mungkin akan terlihat lebih segar karena semua tumbuhan terlihat subur dan hijau, akan tetapi anda akan kesusahan menjelajahi pulau ini.

Apakah Nusa Penida Family / Kids Friendly ?

Akses menuju Nusa Penida satu-satunya adalah dengan menyebrang dengan menggunakan fastboat dari beberapa dermaga. Jarak waktu tempuhnya berkisa antara 40-45 menit, tentunya waktu yang cukup lama dengan menaiki fastboat ini tidak bisa dinikmati oleh semua kalangan terutama oleh yang sudah lanjut usia maupun anak-anak yang masih berumur dibawah 4 tahun. Kondisi boat yang cepat ataupun lama dapat membuat beberapa orang merasakan mabuk laut. Selain itu untuk menaiki fastboat, anda harus sedikit berbasah-basahan karena diharuskan nyemplung ke laut sampai batas lutut. Tentunya untuk lansia hal ini juga pasti akan sedikit sulit.

Ketika akan berlibur ke pulau, pastikan bahwa kondisi Kesehatan anda fit dan tanpa keluhan apapun, hal tersebut untuk menghindari sakit ditengah jalan perjalanan atau jika anda sakit, anda tidak bisa menikmati liburan dengan nyaman.

Penyebrangan dan Harga Tiket ke Nusa Dua

Untuk menyebrang ke Nusa Penida, terdapat 2 pilihan yang dapat anda pilih. Transportasi yang dapat anda gunakan untuk menyebrangi seperti menggunakan kapal ferry dari Pelabuhan Padang Bai, atau dengan fastboat dari Pantai Sanur, Pantai Kusamba (Klungkung) dan Pelabuhan Serangan. Untuk anda yang meningap di sekitaran kawasan Selatan, seperti Kuta, Canggu, Seminyak, Uluwatu dan sekitarnya, fastboat terdekat berada di Pantai Sanur. Jadi anda tidak perlu jauh-jauh menuju tempat lainnya untuk menaiki fastboat tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan adalah menentukan jadwal keberangkatan ke Pulau Nusa Penida dan jadwal kepulangan ke Sanur serta destinasi mana saja yang ingin dikunjungi. Hal tersebut untuk menentukan dermaga mana yang akan dituju agar sesuai dengan destinasi wisata anda.

Berikut adalah detail lengkap beserta pilihan kapal fastboat untuk menuju Nusa Penida :

Nama KapalPelabuhan di Nusa PenidaJadwal Berangkat ke Nusa PenidaJadwal Kembali dari Nusa PenidaHarga Tiket Domestik (Sekali Jalan)
Mola Mola ExpressSampalan07:30 & 15:30 WITA08:30 & 16:30 WITA80K
MarutiToya Pakeh07:30 & 15:00 WITA07:00 & 16:30 WITA80K
El Rey JrBanjar Nyuh08:00, 10:45, 15:00 WITA09:15, 14:15, 17:00 WITA80K
GogunBanjar Nyuh08:15:00 WITA17:00 WITA75K
YamunaBuyuk08:00 & 09:00 WITA07:30 & 16:30 WITA80K
Idola ExpressSampalan08:15, 10:30, 14:30, 17:00 WITA07:00, 13:00, 16:00, 17:00 WITA75K
Dwi ManunggalBanjar Nyuh08:15, 11:00, 15:30, 17:30 WITA07:00, 09:00, 14:30, 17:00 WITA80K
Crown Fast CruiseBanjar Nyuh08:15, 11:15, 15:15 WITA09:15, 13:15, 16:30 WITA80K

Nusa Penida memiliki 4 pelabuhan, berikut detailnya :

Pelabuhan Toya Pakeh

Pelabuhan ini cocok untuk anda yang ingin mengexplore atau menjelajahi daerah Nusa Penida Barat.

Pelabuhan Sampalan

Merupakan salah satu Pelabuhan pertama yang ada di Nusa Dua dan menjadi dermaga untuk beberapa fastboat ternama. Jika anda ingin menjelajahi Nusa Penida Timur, anda harus turun di dermaga ini.

Pelabuhan Buyuk

Jika anda berangkat dari Padang Bai atau Pantai Kusamba dan membawa kendaraan pribadi, dermaga ini adalah yang akan anda datangi.

Pelabuhan Banjar Nyuh

Dermaga ini tidak jauh dari Pelabuhan Toya Pakeh dan paling dekat dengan Pantai Sanur, anda akan menempuh kurang lebih hanya 35 menit.

Objek Wisata di Nusa Penida Bali

Nusa Penida memiliki begitu banyak destinasi yang dapat anda kunjungi, butuh beberapa hari jika anda ingin mengexplore atau menjelajahi banyak tempat, karena pulau ini masih memiliki akses jalan-jalan yang kecil dan beberapa jalan kondisinya kurang bagus. Atau jika anda dapat hanya memiliki waktu mengunjunginya 1 hari saja, anda mengunjungi beberapa tempat tersebut secara terstruktur dari jarak yang paling dekata ataupun lokasi yang sama di wilayah tersebut. Wisata ke Nusa Penida pun telah dilirik oleh banyak travel, sehingga telah banyak travel yang menyediakan paket-paket perjalanan menuju pulau cantik ini, anda dapat mengecek agen-agen yang menyediakan paket tersebut secara browsing maupun melihat di social media dan menyesuaikan kebutuhan kunjungan anda baik dari waktu maupun budget yang akan dikeluarkan.

Pulau Nusa Penida sendiri terdiri dari 3 wilayah, yaitu selatan, timur dan barat. Berikut adalah destinasi yang telah kami bagi berdasarkan wilayahnya :

Nusa Penida Barat

Wilayah barat adalah wilayah yang memiliki akses paling mudah untuk dikunjungi, tak heran barat menjadi tempat favorit para pengunjung ketika mengunjungi pulau ini. Selain akses yang mudah, wilayah barat juga memiliki begitu banyak tempat wisata yang sangat cantik yang foto-fotonya telah tersebar tak hanya keseluruh Indonesia, melainkan keindahnya telah tersebar keseluruh penjuru dunia. Berikut adalah rekomendasi yang bisa dikunjungi ketika berada di Nusa Penida Barat :

Pasih Uwug (Broken Beach)

Broken Beach Image From @indrasutantoo
Broken Beach Image From @indrasutantoo

Nama tempat ini diambil dari Bahasa Bali yaitu pasih yang berarti pantai dan uwug yang memiliki arti rusak, jika digabung artinya adalah pantai yang rusak. Di tempat ini, anda akan disuguhi lubang raksasa yang berada di tengah-tengah pantai yang membuat ciri khas akan tempat ini.

Jika anda ingin menyaksikan sunset di Nusa Penida, tempat ini dapat menjadi rekomendasi untuk menghabiskan waktu dan melihat matahari terbenam dengan indah.

Angels Billabong Nusa Penida Bali

Angels Billabong Nusa Penida Bali Image From @lottedriegen
Angels Billabong Nusa Penida Bali Image From @lottedriegen

Dari lokasi Pasir Uwug, anda hanya perlu berjalan ke arah barat dengan jarak kurang lebih 500 meter saja untuk menuju tempat ini. Anda akan disugihi kolam alami dengan view atau pemandangan langsung ke pantai. Jika anda yang mengunjungi tempat ini dan hanya ingin melihatnya, anda dapat melihatnya pada bibir tebing pemandangan ini.

Dan untuk anda yang menyukai aktivitas renang di pantai, Angels Billabong juga dapat anda gunakan sebegai tempat berenang jika ombak lautnya sedang tenang ataupun tidak terlalu besar. Ketika berenang lebih baik tidak berada di dekat perbatasan ujung kola ini, karena jika ada ombak yang datang anda bisa terbawa arusnya.

Bukit & Pantai Kelingking

Kelingking Beach Nusa Penida Image From @pantaikelingking
Kelingking Beach Nusa Penida Image From @pantaikelingking

Tempat ini sangatlah ramai dikunjungi dan menjadi favorit spot foto oleh para pengunjungya. Jadi tak heran sangat jarang yang tidak mengetahui tempat ini. spot foto yang biasa dilihat di social media adalah duduk di pinggir tebing bukit yang berbentuk menyerupai kepala Tyranasaurs.

Pemandangan yang bisa anda lihat dari atas bukit sangatlah indah dan cantik, terutama jika anda yang datang dan sengaja untuk melihat sunset disini. Pantainya sangat bersih dengan pasir putih yang benar-benar membuat mata tak henti-hentinya kagum akan keindahannya.

Untuk anda yang ingin turun ke pantai, perlu diperhatikan bahwa medan menuju ke pantai ini cukup curam dan berbahaya, jadi pastikan jika memang anda yang tidak terbiasa berolahraga tidak mencoba menuruninya karena untuk kembali ke atas, perjalanan akan sangat menghabiskan banyak tenaga dan membuat anda lelah.

Pantai Crystal Bay Nusa Penida Bali

Pantai Crystal Bay Image From @travelinghawks
Pantai Crystal Bay Image From @travelinghawks

Anda bisa mengakhiri perjalanan anda ketika mengunjungi wilaya Barat dari Nusa Penida di pantai ini. Karena tempat ini dapat dikatakan sangat nyaman dikunjungi tanpa perlu bersusah payah seperti tempat-tempat wisata sebelumnya.

Selain berenang di Angels Billabong, anda dapat melakukan aktivitas snorkeling ditempat ini. Pemandangan bawah laut berupa cantiknya terumbu karang yang dimiliki oleh Nusa Penida dapat dilihat disini dan berbagai macam jenis ikan dapat anda jumpai juga. Jika anda mengunjungi pantai ini di bulan Juli sampai September, dan jika anda beruntung, anda akan menjumpai jenis ikan mola-mola raksasa yang sedang berenang ke permukaan laut.

Nusa Penida Timur

Jika anda yang mengunjungi bagian Timur, anda tidak akan merasakan nuansa ramai seperti di wilayah Baratnya. Sehingga jika anda mencari suasana yang jauh dari keramaian, wilayah Timur akan sangat cocok untuk anda kunjungi. Destinasi tempat wisata yang bisa dikunjungi di Nusa Penida Timur antara lain :

Pura Goa Giri Putri

Pura Goa Giri Putri Image From @skyfrost
Pura Goa Giri Putri Image From @skyfrost

Untuk anda yang menyukai wisata goa, tempat ini akan sangat menarik untuk dikunjungi. Jalan masuk menuju goa ini sangat kecil, kurang lebih hanya sekitar 80 cm saja. Ketika masuk perhatikan kepala anda, merunduklah untuk melewatinya.

Sesampainya masuk ke dalam goa, anda akan melihat ruangan yang sangat besar. Ruangan tersebut sering digunakan oleh umat Hindu di Nusa Penida untuk melakukan kegiatan bersembahyang. Ruangan ini memiliki kapasitas yang dapat menampung kurang lebih sebanyak 5.000 orang.

Jika datang ke goa ini, pastikan menggunakan pakaian yang sopan dan jika anda yang sedang berhalangan atau haid, anda harus menunda untuk mengunjungi tempat ini.

Raja Lima (Pulau Seribu)

Raja Lima Nusa Penida Bali Image From @heradamudan
Raja Lima Nusa Penida Bali Image From @heradamudan

Jika anda sering melihat foto-foto sebuah rumah pohon yang background belakang fotonya ada beberapa pulau kecil, rumah tersbut berada di tempat ini. Rumah itu bernama Rumah Pohon Molenteng. Pemandangan yang dimiliki tempat ini sering disebut mirip dengan pemandangan yang ada di Raja Ampat, Papua. Pulau-pulau kecil tersebut dinamakan Raja Lima, mungkin nama tersebut terinspirasi dari Raja Ampat itu tersendiri karena persamaan pulau-pulau kecilnya.

Jika anda ingin melihat sunrise atau matahari terbit di Pulau Nusa Penida, tempat ini adalah tempat yang wajib dikunjungi untuk melihat sunrise. Tetapi tak hanya ketika sunrise saja, tempat ini memang wajib dikunjungi meskipun telah melewati waktu matahari terbit karena indahnya pemandangan yang ditawarkan oleh Raja Lima.

Pantai Atuh

Atuh Beach Nusapenida Image From @christianals
Atuh Beach Nusapenida Image From @christianals

Pantai ini sangatlah indah dan tenang, tetapi pantai ini dapat dibilang sepi pengunjung karena lokasinya atau akses mengunjungi pantainya yang cukup jauh. Jika anda tidak menyiapkan waktu khusus untuk mengunjungi tempat ini, maka anda tidak mungkin dapat mengunjungi tempat ini karena jika melihat jadwal fastboat, anda tidak memiliki cukup waktu untuk balik ke dermaga untuk ke Sanur.

Jika Pantai Kelingking terlihat berbentuk seperti t-rex, pantai atuh memiliki tebing yang menyerupai bentuk kura-kura raksasa pada jaman purba. Selain berbentuk unik, pantai ini memiliki pasir putih yang tembut dan pantai yang tenang. Anda dapat menikmati pantai ini dengan bersantai seperti berjemur tanpa diganggu banyak orang.

Pantai Berlian (Diamond Beach)

Diamond Beach Nusapenida Bali Image From @svetakhovrina
Diamond Beach Nusapenida Bali Image From @svetakhovrina

Jika anda sedang berada di Pantai Atuh, anda dapat mengunjungi pantai ini dengan berjalan kaki kurang lebih hanya 5 menit saja. View yang ditawarkan pantai ini tak kalah indah dengan Pantai Atuh.

Meskipun pantai ini berada di dekat Pantai Atuh, pantai ini lebih ramai dibandingkan dengan Pantai Atuh. Penyebabnya adalah telah tersedianya akses seperti tangga yang membuat para pengunjung dapat lebih mudah dan aman untuk menuju pantainya. Di pantai ini terdapat ayunan besar seperti ayunan yang ada di daerah Ubud. Ayunan raksasa tersebut dikaitkan ke dua pohon kelapa yang sangat tinggi, jadi ketika mengunjungi tempat ini jangan lupa untuk mencoba dan berfoto dengan ayunannya ya.

Bukit Tanglad (Bukit Teletubbies)

Bukit Tanglad Nusapenida Image From @digitaltravelcouple
Bukit Tanglad Nusapenida Image From @digitaltravelcouple

Alasan bukit ini sering disebut sebagai Bukit Teletubbies adalah karena bentuknya yang unik dan bertumpuk-tumpuk seperti bukit-bukit yang ada di acara televisi Teletubbies. Bukit Tanglad sering digunakan sebagai tempat untuk berfoto prewedding karena indahnya hamparan pemandangan bukit yang luas.

Pantai Suwehan

Pantai Suwehan Nusa Penida Bali Image From @sendalbukit
Pantai Suwehan Nusa Penida Bali Image From @sendalbukit

Destinasi terakhir yang dapat dikunjungi ketika berada di wilayah Timur adalah Pantai Suwehan. Diantara semua pantai bertebing di Nusa Penida, pantai ini adalah pantai yang memiliki akses paling mudah untuk dikunjungi. Jumlah anak tangganya hanya sekitar 300 anak tangga saja, dan tangga tersebut sudah dilengkapi oleh pegangan kayu.

Setelah tiba di pantai, anda bisa menikmati pantai selebar 400 meter dengan sebuah batu tebing yang berada ditengahnya dengan bentuk agak runcing. Pantai ini hampir selalu kosong atau jarang dikunjungi wisatawan. Tetapi anda harus tetap berhati-hati, karena jika air sedang pasang, bibir pantainya akan tergerus dan tidak menyisakan ruang.

Jadi tempat ini juga dapat sebagai rekomendasi pantai yang tenang di wilayah Timur Nusa Penida.

Nusa Penida Selatan

Jika anda ingin menikmati wisata hidden gem di kawasan Nusa Penida, anda wajib mengunjungi wilayah Selatan. Tetapi karena tempat ini berada paling jauh diantara wisata-wisata lainnya, anda tidak akan bisa mengunjungi wilayah Selatan seperti Barat & Timur, anda harus setidaknya harus menginap di Nusa Penida agar tidak terburu-buru dan nyaman ketika berwisata di wilayah ini.

Berikut adalah daftar rekomendasi tempat-tempat yang dapat anda datangi di Nusa Penida Selatan :

Bukit Banah

Bukit Banah Nusa Penida Bali Image From @adisumerta
Bukit Banah Nusa Penida Bali Image From @adisumerta

Bukit ini adalah bukit cantik tetapi cukup sulit ditempuh dengan kendaraan mobil maupun motor. Karena anda akan melewati jalan-jalan yang kurang bagus dan bebatuan di sepanjang jalannya. Tetapi jika anda memang menyukai wisata-wisata yang sulit ditempuh, bukit ini dapat anda kunjungi. Usaha yang anda lewati untuk menuju bukit ini akan terbayar lunas dengan pemandangan dan keindahan alam sekitarnya.

Bukit ini memiliki 2 view yang dapat digunakan sebagai tempat untuk melihat sunset. Ketika anda melihat ke arah barat, anda akan melihat Bukit Kelingking dari kejauhan. Sedangkan jika anda melihat ke arah timur, akan terlihat sebuah bongkahan batu yang besar dengan lubang ditengahnya yang adalah daya tarik utama dari bukit ini.

Air Terjun Peguyangan

Penguyangan Waterfall Nusa Penida Bali Image From @adventureofaunicorn
Penguyangan Waterfall Nusa Penida Bali Image From @adventureofaunicorn

Jika air terjun yang ada di Pulau Bali memiliki aliran yang deras, air terjun ini dapat dikatakan adalah air terjun yang memiliki aliran air kecil tetapi dengan pemandangan yang sangat berbeda dari air terjun lainnya.

Ketika akan menuju air terjun ini, anda akan disuguhi pemandangan laut lepas yang membuat tenang dan relax ketika memandangnya. Lalu anda akan menuruni 900 anak tangga berwarna biru yang cukup iconic yang sering digunakan sebagai foto-foto oleh influencer Instagram sebagai foto di feed-nya. Ketika anda menuruni tangga, anda akan menjumpai kolam kecil alami yang viewnya menghadap ke laut lepas. Jadi perjalanan menuju air terjun ini akan sangat seru.

Manta Point

Manta Point Nusa Penida Bali Image From @brandonverdura
Manta Point Nusa Penida Bali Image From @brandonverdura

Destinasi terakhir di wilayah Selatan ini dikhususkan bagi wisatawan yang menyukai aktivitas snorkeling bahkan diving. Nusa Penida sangatlah terkenal karena memiliki 2 ikan langka yang berada di kawasan Indonesia, 2 ikan langka tersebut adalah ikan mola-mola dan ikan manta.

Untuk menemukan ikan manta, anda dapat menemukan mereka di 2 tempat. Ikan manta akan mencari makanan di daerah Manta Bay yang berada di wilayah Barat, dan tempat yang lebih banyak untuk menghabiskan banyak waktu mereka berada di Manta Point. Jadi kemungkinan anda akan menemukan ikan ini lebih besar di Manta Point. Tetapi untuk melihat ikan ini hanya ada pada waktu-waktu tertentu saja dan tidak selalu anda akan dapat melihatnya. Jadi jika anda yang datang dan dapat melihat ikan ini, itu adalah salah satu pengalaman langka yang tidak semua pengunjung dapatkan.

Sekian Informasi Wisata Di Nusa Penida Bali, Semoga artikel ini berguna bagi kalian yang ingin berlibur ke pulau dewata ini atau lebih tepatnya di nusa penida. Semoga liburan anda selanjutnya terencanakan dengan baik dan menyenangkan.

Bila anda ingi melihat wisata lainnya yang ada di pulau bali mungkin tempat wisata ini patut anda pertimbangkan Sunrise Hill Camp Bali, La Vista Coffee & Roastery, Bali Safari anda Marine Park dan Pantai Cinta Kedungu Bali.

Sampai bertemu di artikel kami lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *