Faunaland Ancol lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru September 2021

Daya Tarik Faunaland Ancol serta lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru September 2021 – Jika anda ingin berwisata bersama dengan keluarga terutama bersama si kecil tetapi bosan mengunjungi taman hiburan maupun mall di Jakarta, anda bisa mengunjungi Faunaland Ancol sebegai pilihan anda untuk berwisata di alam sekaligus mengedukasi anak-anak maupun kita sendiri tentang flora dan fauna yang ada di kawasan ini. Terletak di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, kebun binatang ini tidak begitu popular dibandingkan Kebun Binatang Ragunan, ataupun Ocean Dream yang berada di Ancol juga. Namun Faunaland ancol memiliki daya tarik tersendiri yang sangat menarik untuk anda kunjungi.

Kebun binatang ini didirikan di lahan seluas 5 hektar dengan mengusung tema dari perpaduan benua Asia dan Australia. Kebun binatang disini memiliki banyak hewan unik dan langka yang dapat kita lihat secara langsung.

Daya Tarik

Hijaunya Pemandangan Di Faunaland Ancol Image From @qurniyaniia
Hijaunya Pemandangan Di Faunaland Ancol Image From @qurniyaniia

Faunaland Ancol adalah kebun binatang yang terletak di dalam kawasan Ancol, Jakarta Utara. Kebun binatang memiliki banyak koleksi satwa-satwa yang sudah terbilang langka. Meskipun tidak seluas kebun binatang lainnya, Faunaland sangat bersih dan cukup menyenangkan.

Untuk memasuki area Faunaland, anda harus menuju ke dalam area Ecopark, dan memasuki Ecopark tidak dikenakan tiket masuk, anda hanya dikenakan tiket ketika memasuki area kebun binatangnya saja. Di Ecopark, pengunjung akan melewati rimbunnya pepohonan teduh yang mengelilingi area ini untuk menuju ke kebun binatangnya. Pengunjung yang datang dengan membawa kereta bayi maupun kursi roda tidak perlu khawatir, jalan menuju Faunaland sangatlah rata dan halus, jadi anda tidak perlu untuk mengangkatnya.

Sebelum sampai ke area kebun binatang, anda akan melewati sebuah jembatan, disini anda dapat berhenti sejenak untuk menikmati indahnya pemandangan sekitar. Terdapat sungai dengan air yang bersih dan jernih serta dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun dan teduh. Anda dapat memanjakan mata anda sebentar disini.

Faunaland Ancon sangat berfokus untuk mengedukasi pengunjungnya, karena anda dapat melihat satwa-satwa dengan lebih dekat karena sekat kandang tidak terlalu jauh dengan pengunjung. Untuk Singa Putih Afrika, pengunjung dapat melihatnya dengan dekat juga tetapi disekat dengan kaca yang cukup tebal. Untuk area Pulau Burung atau Bird Island, sebagian burung tidak diikat atau berada di kandang, ini bertujuan agar satwa burung dapat hidup seolah meraka hidup di habitat asli mereka.

Semua satwa disini dilengkapi dengan papan untuk menjelaskan nama dan profil lengkapnya, jadi pengunjung dapat membacanya untuk mengenal lebih dekat satwa yang berada disni.

Berikut beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan ketika berada disini :

Berswafoto dengan Burung

Setelah anda melewati jembatan, anda akan menemukan photooth dengan banyak burung berwarna-warni yang siap menemani anda foto bersama. Untuk mengambil gambar sekaligus mencetaknya, anda akan dikenakan tarif sebesar Rp. 35.000,- .

Tetapi jika anda ingin berfoto menggunakan kamera pribadi maupun handphone, petugas pun tidak keberatan untuk membantu anda.

Melihat Singa Putih Afrika

Sesuai dengan namanya, singa ini memiliki bulu yang berwarna putih. Berasal dari Timbavati, sebuah tempat di Afrika Selatan. Warna bulu putih ini bukanlah karena kelainan atau albino, tetapi memang jenis dari singa ini. Warna putih yang didapat adalah hasil mutasi langka yang terjadi pada Singa Kruger. Kandang singa ini dibuat menyerupai habitat aslinya, tetapi tetap dilengkapi dengan kaca yang cukup tebal sehingga pengunjung dapat leluasa melihatnya tetapi tetap aman. Satu-satunya kebun binatang yang memiliki singa putih di Indonesia hanya Faunaland saja dan singa putih ini termasuk satwa yang langka, sehingga ketika anda mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk melihatnya ya.

Mengunjungi Banyak Satwa di Replika Habitatnya

Selain ada singa putih yang unik dan cukup langka, kebun binatang ini juga memiliki berbagai satwa yang unik seperti keledai mini, kura-kura berukuran raksasa, macan dahan hingga kanguru putih. Satwa-satwa di kebun binatang ini memiliki kandang-kandang yang bersih dan satwa-nya pun terawatt.

Kandang-kandang dari satwa disini dibuat dan disesuaikan kondisinya. Jika hewan tersebut buas, maka kandang akan dibuat dengan kaca yang cukup tebal tetapi tetap tembus pandang. Sedangkan untuk hewan-hewan yang jinak, pengelola hanya memberi sekat kandang berupa kayu atau pagar saja. Beberapa hewan pun juga dapat dipegang langsung, seperti kura-kura raksasa, kandangnya dibuat lebih pendek agar pengunjung dapat langsung memegangnya.

Pertunjukan Binatang / Animal Show

Ada 2 pertunjukan yang diadakan, yaitu :

Bird Show atau Pertunjukan Burung

Pertunjukan ini dimulai pada pukul 11 siang, jadi datanglah lebih pagi agar anda dapat menikmati pertunjukan ini. Karena berlokasi di alam terbuka dan tidak semua tempat mendapat tempat yang teduh, ada baiknya anda menyiapkan topi dan kacamata hitam. Tetapi jika anda tidak sempat datang lebih pagi, anda dapat menyaksikan pertunjukan kedua pada pukul 14.30 WIB pada weekday dan pertunjukan kedua saat weekend dimulai pada pukul 16.00 WIB.

Animal Show

Animal show hanya ditampilkan pada weekend saja pada pukul 14.00 WIB.

Menunggangi Kuda Poni

Salah satu aktivitas yang menarik untuk anak-anak adalah menunggangi kuda poni. Anak-anak dapat menunggangi kuda poni sambil ditemani oleh petugas.

Safari River Cruise

Setelah puas berkeliling melihat satwa-satwa, anda dapat mencoba aktivitas ini. Pengunjung akan diajak mengelilingi sungai dengan perahu yang memiliki kapasitas 8-10 orang. Air dair sungai ini sangat bersih dan jernih, kanan kiri sungai ini juga terdapat banyak pepohonan seperti hutan. Anda akan menemukan beberapa replica hewan buas ketika mengelilinginya, seperti ular dan buaya.

Sebelum anda mengunjngi Faunaland Ancol, berikut adalah hal yang harus anda ketahui :

  • Anak yang berusia dibawah 2 tahun, tidak dikenakan tiket.
  • Anak berusia dibawah 9 tahun wajib didampingi.
  • Lansia berumur 60 tahun keatas dan ibu hamil sementara tidak diperbolekan mengunjungi tempat ini karena menyesuaikan dengan aspek kesehatan di masa pandemi. (Kebijakan dapat berubah mengikuti arahan pemerintah)
  • Harga tiket belum termasuk dengan harga tiket gerbang utama Ancol.
  • Tidak membawa makanan dan minuman dari luar untuk diberikan kepada satwa.
  • Pengunjung wajib menggunakan masker dan menerapkan aspek kebersihan di area kebun binatang.
  • Pengelola menyiapkan sarung tangan sekali pakai di gerbang masuk, hal tersebut untuk mengurangi penularan virus di area yang sering di sentuh oleh pengunjung.

Fasilitas Umum

Faunaland Ancol memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti area parkir kendaraan yang luas, toilet dan musholla yang bersih.

Lokasi & Jam Buka

Kebun binatang ini berada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, lebih tepatnya di Allianz Ecopark Ancol. Gerbang Faunaland akan anda temukan setelah masuk ke area taman dari Ecopark Club House. Allianz Ecopark berada tepat dibelakang Dufan, bersebelahan dengan Rumah Makan Mang Engking dan berada diseberang Rumah Kayu.

Anda dapat mengendarai kendaraan pribadi maupun menggunakan kendaraan umum untuk menuju lokasi ini.

Berikut adalah detail alamat dan jam buka dari Faunaland Ancol :

Faunaland Ancol

Ecovention Building – Ecopark, Jalan Lodan Raya, Ancol, Pademangan, Kec. Pademangan, Jakarta Utara14430

Bagi anda yang masih bingung untuk menentukan rute perjalanan, berikut kami berikan peta lokasi yang dapat memberikan anda navigasi untuk menuju ke lokasi Faunaland Ancol pada link berikut. GoogleMaps

Bagi anda yang ingin berkunjung pastikan juga untuk megetahui jam buka atau jam operasional objek wisata ini.

Jam Operasional Faunaland Ancol : Buka dari jam 09.00 sampai dengan jam 16.00 WIB

Harga Tiket Masuk Faunaland Ancol Terbaru September 2021

Untuk mengunjungi kebun binatang Faunaland Ancol, anda diberikan beberapa pilihan dalam membeli tiketnya, mulai dari tiket masuk reguler, sampai annual pass. Ada juga paket tiket yang memberikan gratis merchandise. Untuk harga tiket masuknya Rp. 65.000,- untuk weekday, dan Rp. 75.000,- untuk weekend.

Pembelian tiket dapat dilakukan di website resmi ancol yaitu www.ancol.com, Klook, Goers, maupun Traveloka.

Galeri Foto

Berikut kami berikan beberapa foto suasana dan keseruan yang bisa anda dapatkan di lokasi wisata ini. kami harap dengan melihat beberapa foto ini dapat membuat anda lebih tertarik untuk berkunjung ke Faunaland Ancol.

Spot Foto Di Faunaland Ancol Image From @aangeliaa
Spot Foto Di Faunaland Ancol Image From @aangeliaa
Kura Kura Dan Kelinci Di Faunaland Ancol Image From @a3_ardan_afdar_aila
Kura Kura Dan Kelinci Di Faunaland Ancol Image From @a3_ardan_afdar_aila
Suasana Di Faunaland Ancol Image From @stellaouyang
Suasana Di Faunaland Ancol Image From @stellaouyang
Berfoto Dengan Burung Kakatua Di Faunaland Ancol Image From @evy_christina
Berfoto Dengan Burung Kakatua Di Faunaland Ancol Image From @evy_christina
Berfoto Dengan Singa Di Faunaland Ancol Image From @melisarsn
Berfoto Dengan Singa Di Faunaland Ancol Image From @melisarsn
Berfoto Di Faunaland Ancol Jakarta Utara Image Form @serinazena
Berfoto Di Faunaland Ancol Jakarta Utara Image Form @serinazena


Sekian Informasi yang dapat kami berikan tentang Wisata Keluarga di Jakarta. Kami harap artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi dalam menentukan tujuan wisata anda selanjutnya. Semoga liburan anda menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *