Hutan Mangrove PIK Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru September 2021

Jakarta adalah sebuah kota yang identik dengan kawasan perkotaan dan mall-mall yang memiliki bangunan gedung-gedung pencakar langit dimana-dimana. Sebagaian masyarakat Jakarta pasti merindukan suasana hijau yang asri seperti pedesaan yang dapat menyegarkan mata. di jakarta lebih tepatnya jakarta utara terdapat sebuah objek wisata yang menawarkan hal tersebut. tempat wisata ini adalah Hutan Mangrove PIK. objek wisata ini dapat anda jadikan solusi untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Terletak di kawasan Utara Jakarta, membuat anda tidak perlu mengendarai kendaraan terlalu jauh dari pusat kota untuk menghirup udara segar khas hutan.

Hijaunya hutan bakau yang asri menjadi tempat yang sangat ideal untuk menghabiskan akhir pekan ataupun berwisata disela-sela kesibukan anda sebagai warga Jakarta yang mayoritas penduduknya adalah karyawan kantor. Dengan tarif masuk yang masih cukup terjangkau yaitu sebesar Rp. 25.000,- , wisata Hutan Mangrove PIK dapat menjadi pilihan anda untuk tetap berwisata di dalam kota.

Daya Tarik

Jalan Di Kawasan Wisata Mangrove PIK Image From @andrizhang
Jalan Di Kawasan Wisata Mangrove PIK Image From @andrizhang

Hutan Bakau PIK memiliki luas 99.82 hektar, bertempat di Kamal Muara yang lokasinya berdekatakan dengan kawasan elit PIK di Jakarta Utara. Area hijau ini di dominasi dengan pohon mangrove. Ibu Kota Jakarta sangat kekurangan lahan terbuka hijau karena di dominasi oleh perkantoran, mall-mall dan apartemen. Polusi di Jakarta cukup memperihantkan dikarenakan tingkat pengguna kendaraan pribadi di kota ini cukup tinggi. Sehingga membutuhkan lahan hijau terbuka yang fungsinya untuk tetap membuat udara di kota ini lebih terjaga kadar atau tingkat polusinya. Hutan Mangrove juga memiliki daya serap karbondioksida (CO2) lima kali lebih tinggi dibanding hutan tropis yang berada di dataran tinggi. Tetapi untuk fungsi utama dari kawasan konservasi mangrove adalah untuk mencegah erosi dan abrasi di garis pantai yang sudah mulai terjadi di Jakarta.

Beberapa kegiatan yang dapat anda lakukan di Hutan Mangrove PIK antara lain :

Hunting foto

Hutan Mangrove PIK memiliki banyak spot-spot foto yang menarik untuk kita mengabadikan momen ataupun membuat konten untuk social media. Anda dapat mencoba beberapa spot foto menarik seperti lorong hutan yang ada ketika anda menyusurinya yang diselimuti oleh tanaman bakau disekelilingnya atau berfoto di depan penginapan yang berada di tepi danau.

Pengelola hanya memperbolehkan pengunjung berfoto menggunakan kamera hp atau ponsel saja. Untuk anda yang datang sebagai professional / photographer dengan membawa perlengkapan kamera profesional yang lengkap seperti DSLR maupun kamera profesional jenis lainnya untuk kegiatan foto seperti prewedding, anda harus membayar sejumlah retribusi yang ditentukan oleh pihak pengelola.  Sedangkan jika anda tidak melapor membawa kamera professional dan ketahuan oleh petugas, anda bisa dikenakan denda yang cukup mahal kurang lebih sebesar Rp. 1.000.000,- . Jadi jika anda tidak memiliki kepentingan khusus untuk mengambl gambar di kawasan ini, cukup membawa kamera ponsel saja ya.

Menyusuri Danau dengan Perahu

Pengelola menyediakan perahu yang bisa di sewa, jadi anda dapat mencoba menaiki perahu untuk mengelilingi hutan bakau disini. Tetapi tiket untuk menaiki perahu ini terbilang cukup mahal karena satu perahu dihargai kurang lebih Rp. 250.000,- yang dapat dinaiki 6 orang penumpang dan untuk kapasitas 8 orang dikenakan kurang lebih Rp. 350.000,- .

Menanam Mangrove

Untuk anda yang ingin belajar bagaimana cara untuk menanam bakau, disini juga disediakan semacam pelatihan singkat dalam proses penanaman bakau, serta cara merawatnya dan informasi lainnya seputar tanaman bakau. Untuk biaya dari pelatihan singkat ini anda akan dikenai biaya kurang lebih sebesar Rp. 150.000,- . Dan jika kalian ingin menanam sekaligus mencantumkan nama anda di kawasan Hutan Mangrove ini, anda akan dikenakan biaya lebih sebesar Rp. 500.000,- . Maka nama kalian akan dipajang dengan kayu bersebelahan dengan pohon yang anda tanam. Menanam bakau ini cukup di rekomendasikan, karena anda dapat berwisata sekaligus menambah pengalaman dan edukasi tentang hutan mangrove.

Menikmati Matahari Terbenam di Langit Jakarta

Dikarenakan kawasan Hutan Mangrove ini berdekatan dengan pantai, anda bisa menikmati sunset ketika berada disini. Disini juga ada menara yang cukup tinggi, anda dapat manaikinya untuk menikmati sunset dengan lebih jelas. Selain dapat melihat sunset atau matahari terbenam, anda juga dapat menikmati pemandangan rimbunnya hutan dan kicauan burung-burung yang berada di sekitarnya. Jadi waktu terbaik dalam menikmati kawasan ini adalah siang menjelang sore karena cuaca juga tidak panas, jadi anda dapat berkeliling terlebih dahulu kemudian terakhir anda dapat bersantai untuk menikmati sunset disini.

Bemalam di Hutan Mangrove

Jika menjelajahi seharian Hutan Mangrove ini belumlah cukup bagi anda, anda dapat mencoba menginap di kawasan Mangrove ini. Tersedia beberapa pondok-pondok kecil, villa dan camping ground yang berada di dalam kawasan Hutan Mangrove, jadi anda dapat menyesuaikan dengan suasana apa yang anda inginkan. Dan untuk harga permalam dari masing-masingnya pun juga akan berbeda.

Fasilitas Umum Hutan Mangrove PIK

Fasilitas yang tersedia di Hutan Mangrove PIK cukup lengkap, dari toilet, musholla sampai beberapa warung yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman seperti kelapa muda utuh juga tersedia disini. Anda tidak perlu takut kehausan dan kelaparan, karena warung-warung tersebut lokasinya terletak di awal dan cukup gampang dijangkau karena berada di awal ketika kita memasuki kawasan Hutan Mangrove ini.

Ada satu cafe juga yang berada di tengah Hutan Mangrove PIK, jadi anda dapat memesan beberapa camilan dan minuman lainnya sambil menikmati suasana hutan yang tenang.

Lokasi & Jam Buka

Berikut alamat detail untuk Hutan Mangrove PIK :

Jalan Garden House, RT.8/RW.1, Kamal Muara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara 14770.

Jam buka untuk wisata ini mulai dari pukul 07.00 – 18.00 WIB.

Dan untuk menuju ke Hutan Mangrove PIK, anda dapat menggunakan beberapa transportasi seperti :

  • Transjakarta

Untuk transportasi umum ini terbilang cukup murah, karena anda hanya perlu membayar Rp. 3.500,- saja untuk sekali jalan dan tinggal pindah koridor saja. Untuk menuju Hutan Mangrove PIK, anda harus menaiki Transjakarta dengan koridor 9A dengan tujuan Pinang Ranti-Pluit dan anda tinggal turun di halte Pluit Village Mall. Jika sudah turun di halte tersebut, anda harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot berwarna merah dengan nomor B01 karena trayek dari B01 adalah Grogol – Angke. Anda bisa turun di pintu gerbang PIK (Pantai Indah Kapuk) dan tinggal berjalan kaki dari pintu masuk tersebut untuk menuju kawasan Hutan Mangrove PIK.

  • Bus

Untuk menggunakan bus, anda harus memulai perjalanan dari terminal Blok M. Anda bisa menggunakan Bus Steady Safe Non AC dengan nomor 37 dengan jurusan perjalanan Blok M – Muara Angke. Bus ini maximal hanya akan sampai di Mega Mall Pluit saja, sehingga anda harus menyambung perjalanan anda menggunakan angkot yang berwarna merah serta memiliki nomor 11. Setalah itu anda dapat turun di jalan Mandara. Setelah turun, anda harus menyambung perjalananan anda lagi dengan angkot merah yang akan melewati Hutan Mangrove PIK.

  • Kendaraan Pribadi

Jika anda tidak ingin ribet untuk menuju kawasan Hutan Mangrove PIK, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi anda. Karena akses menuju kawasan ini cukup mudah jika menggunakan mobil dan melewati tol, anda hanya perlu mengarahkan navigasi anda ke Mangrove Ecotourism Centre PIK.

Berikut kami berikan peta lokasi hutan mangrove PIK jakarta yang dapat anda buka pada link berikut. link ini berguna untuk menentukan rute perjalanan dari lokasi anda menuju ke lokasi hutan mangrove. GoogleMaps

Harga Tiket masuk Hutan Mangrove September 2021

Berikut adalah detail untuk tiket masuk ke Hutan Mangrove PIK :

Dewasa           : Rp. 25.000,-

Anak-Anak     : Rp. 10.000,-

Mobil              : Rp. 10.000,-

Motor              : Rp. 5.000,-

Turis / Asing   : Rp. 250.000,-

Sedangkan untuk beberapa kegiatan disini, berikut adalah rangkuman dari daftar harganya :

Perahu Kapasitas 6 Orang Rp. 250.000,-

Perahu Kapasitas 8 Orang Rp. 350.000,-

Menanam Mangrove + edukasi (tanpa menyertakan nama di pohon) Rp. 150.000,-

Menanam Mangrove + edukasi (dengan menyertakan nama di pohon) Rp. 500.000,-

Galeri Foto

berikut kami berikan beberapa foto menarik yang menggambarkan suasana yang akan anda dapatkan bila berkunjung ke objek wisata yang ada di jakarta utara ini. kami harap dengan melihat gambar tersebut dapat membuat anda tertarik untuk berkunjung.

Tempat Menginap Di Hutan Mangrove PIK Image From @eatineraryid
Tempat Menginap Di Hutan Mangrove PIK Image From @eatineraryid
Hijaunya Pmandangan Di Mangrove PIK Jakarta Image From @senjamaya
Hijaunya Pmandangan Di Mangrove PIK Jakarta Image From @senjamaya
Bermain Cano Di Hutan Mangrove PIK Image From @igphotographer1
Bermain Cano Di Hutan Mangrove PIK Image From @igphotographer1
Sungai Yang Ada Di Mangrove PIK Jakarta Utara Image From @galeri110100
Sungai Yang Ada Di Mangrove PIK Jakarta Utara Image From @galeri110100
Berfoto Di Hutan Mangrove PIK Image From @ventyaliya
Berfoto Di Hutan Mangrove PIK Image From @ventyaliya

sekian informasi yang dapat kami berikan kali ini tentang tempat wisata menarik yang ada di jakarta utara hutan mangrove PIK. semoga artikel ini dapat memberikan anda referensi untuk menentukan destinasi wisata liburan anda bersama keluarga ataupun kerabat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *