Pantai Sawarna Banten Lokasi dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Review Pantai Sawarna Banten Lokasi dan Harga Penginapan Terbaru Februari 2023 – Pantai adalah salah satu tempat tujuan wisata yang paling digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Beragam jenis pantai yang indah dengan keunikannya masing-masing telah dimiliki oleh Indonesia dan tidak hanya terkenal di wisatawan domestik saja, melainkan telah terkenal sampai ke mancanegara.

Lokasi Pantai Sawarna Image From @ali_alhusayn13
Lokasi Pantai Sawarna Image From @ali_alhusayn13

Salah satu pantai cantik yang dimiliki oleh Indonesia adalah Pantai Sawarna yang terletak di Kabupaten Lebak, Banten. Desa Sawarna telah terkenal sampai ke mancanegara karena memiliki banyak daya tarik wisata untuk dikunjungi. Mari simak ulasan dari kami Wisatamilenial apa saja hal menarik yang ditawarkan dan dimiliki oleh Pantai Sawarna!

Sejarah Singkat Desa Sawarna

Desa Sawarna juga memiliki sejarah yang menarikk untuk diketahui, salah satunya seperti di desa ini terdapat sebuah kuburan tua dengan tinggi satu meter yang berbentu persegi yang merupakan jasad dari sepupu seorang pelukis terkenal asal Belanda (Vincent Van Gogh) bernama Jean Louis Van Gogh.

Tetapi makan ini barulah ditemukan pada tahun 2000-an setelah adanya pemegaran Provinsi Banten. Di tahun 1907, Jean Louis membabat hutan belantaran di kawasan Tanjung Layar, Ciantir untuk digunakan sebagai perkebunan kelapa yang memiliki luas 54 hektar dengan memperkerjakan penduduk pribumi yang berasal dari luar Banten, seperti dari Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sekitarnya.

Daya Tarik Pantai Sawarna Banten Image From @dessychouchou
Daya Tarik Pantai Sawarna Banten Image From @dessychouchou

Dengan berkembangnya waktu, penduduk yang berasal dari luar Banten ini membentuk sebuah kelompok dan terbentuklah perkampungan yang diberi nama Sawarna. Karena memiliki perbedaan logat, banyak yang mengartikan arti dari nama Sawarna adalah berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti sorana atau suaranya.

Selain mengembangkan dari sektor pertanian, Jean Louis juga melihat potensi yang dimiliki alam sekitarnya yang begitu indah dan asri sehingga ingin memajukan dari sektor pariwisatanya juga. Kini salah satu niat mulia Jean Louis telah tercapai, Desa Sawarna telah dikenal banyak orang tak hanya wisatawan lokal saja, melainkan wisatawan mancanegara juga ramai-ramai berkunjung kesini.

Para penduduk desa yang dahulunya adalah bekerja sebagai buruh, petani, pengerajin dan pedagang, kini beralih profesi menjadi pemandu wisata.

Harga Penginapan Di Pantai Sawarna Image From @r Thiosnl
Harga Penginapan Di Pantai Sawarna Image From @r Thiosnl

Tetapi tak hanya memiliki sejarah yang membuat kita terkagum saja, Desa Sawarna juga memiliki sejarah yang kelam karena adanya kegiatan romusha yang membuat ratusan ribu manusia mati sia-sia diakibatkan pembuatan jalur kereta api Saketi Bayah. Setelah menelan banyak korban jiwa, jalur kereta ini tak lagi difungsikan karena mengingat sejarahnya yang kelam.

Review Daya Tarik Pantai Sawarna

Pantai Sawarna merupakan salah satu pantai yang berlokasi di Desa Sawarna, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Desa Sawarna telah terkenal memiliki begitu banyak dan beragam daya tarik wisata untuk dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara, mulai dari pemAndangan alam sekitarnya yang indah, pegunungan, sunga, goa-goa, dan pantai dengan pasir putihnya.

Fasilitas Pantai Sawarna Image From @diana Ayusita
Fasilitas Pantai Sawarna Image From @diana Ayusita

Selain beragam wisata yang dimiliki oleh Desa Sawarna, masyarakat sekitar desa ini juga sangatlah ramah dan masih menjaga alamnya dengan asri serta mempertahankan budaya-budaya yang telah ada sejak dahulu. Wisatawan yang datang ke pantai ini di dominasi oleh kota-kota terdekatnya, seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bandung dan sekitarnya. Pantai ini sering menjadi tujuan untuk berlibur oleh banyak kota-kota terdekatnya karena lokasinya mudah ditempuh dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Kawasan wisata ini cukup luas, mulai dari Pantai Pulo Manuk yang berada di sebelah barat hingga Pantai Karang Taraje yang berada di sebelah timur dengan bentang alam sekitarnya yang begitu memukau. Laut Sawarna juga berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, sehingga tak heran jika ombak yang ada disini cukup besar dan sering dikunjungi oleh banyak peselancar.

Karena memiliki destinasi wisata yang cukup banyak dan menarik untuk dikunjungi, perlu waktu seharian sampai dua hari untuk menjelajahi tempat wisata yang ada disini.  Berikut adalah beberapa destinasi tempat wisata yang dapat wisatawan kunjungi ketika berlibur di Desa Sawarna:

Baca Juga  8 Wisata Pantai Anyer Yang Wajib di Kunjungi Terbaru
Harga Tiket Pantai Sawarna Image From @m Abdul_ Muizz_
Harga Tiket Pantai Sawarna Image From @m Abdul_ Muizz_
  • Pantai Tanjung Layar

Pantai ini adalah tempat wisata unggulan yang dimiliki oleh Desa Sawarna sehingga wajib dikunjungi ketika kesini. Memiliki ciri khas yaitu sepasang karang yang memiliki ukuran raksasa dengan bentuk yang menyerupai kapal sedang terkambang yang menyebabkan tempat ini diberi nama Tanjung Layar. Selain itu terdapat juga gugusan-gugusan karang yang menghampar dan menjadi area lapang ketika air laut sedang surut.

Terdapat juga bebatuan karang yang membentuk menyerupai benteng yang menghadap ke arah ombak besar yang tidak henti-hentinya menghantam. Tentu pemAndangan pantai ini sangat indah dan menawan untuk para wisatawan nikmati ketika berkunjung kesini. Disini juga Anda dapat menikmati matahari terbenam saat senja jika cuaca sedang cerah.

  • Pantai Ciantir (Pantai Pasir Putih)

Merupakan pantai yang memiliki pasir putih terpanjang yang ada di kawasan Sawarna dengan ombak yang besar sehingga sangat cocok dikunjungi oleh para peselancar yang gemar surfing. Meskipun memiliki ombak yang besar, pantai ini juga aman untuk berenang karena pengelola wisata telah memberi tAnda area mana yang berbahaya untuk berenang.

Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki penjaga pantai yang siap untuk menolong, mengarahkan serta memantau ketika wisatawan berenang. Pantai ini juga dapat Anda kunjungi sebagai tempat untuk menikmati sunset yang cantik di sore hari.

  • Pantai Legon Pari

Memiliki karakteristik pantai yang lebih lembut dengan warna air lautnya yang biru dan ombaknya yang tenang, pantai ini cocok dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin menikmati pantai yang lebih tenang dengan berenang dan bersantai. Tetapi sayangnya untuk mengunjungi pantai ini, informasi dan aksesnya masih cukup kurang, sehingga belum banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Legon Pari. Meskipun berlokasi cukup jauh, semua lelah Anda akan terbayarkan dengan melihat indahnya pemAndangan yang ada di pantai ini.

Sejarah Pantai Sawarna Image From @josephsayogo
Sejarah Pantai Sawarna Image From @josephsayogo

Pantai ini dapat diakses dengan berjalan kaki dari jalan utama, tetapi tentu itu akan memakan waktu cukup lama dan membuat Anda kelelahan. Anda disarankan untuk menggunakan kendaraan motor ataupun menyewa ojek lokal yang ada di sekitar tempat ini.

  • Pantai Karang Bokor

Pantai ini adalah pantai yang memiliki 2 pulau dari karang yang diatasnya ditumbuhi oleh berbagai jenis tambahan khas khusus pantai. Dibuka pertama kali pada tahun 2017, pantai ini sudah cukup menarik perhatian karena terpisah dari daratan dan tidak memiliki akses sehingga pengunjung wajib menjadikan para warga sebagai tour guide ketika berkunjung ke pantai ini.

  • Pantai Pulo Manuk

Lokasi pantai ini berada di tengah-tengah laut yang menjadi sarang untuk sekawanan burung sebagai tempat untuk berkembang biak dan bertelur, tetapi belakangan ini disini sudah jarang ditemui burung-burung tersebut. Karena letaknya yang masih berdekatan dengan Leweung Sakateng (Hutan Sakateng), pengunjung dapat menemui sekawanan monyet, kere dan lutung yang berjumlah cukup banyak. Tak perlu takut ketika bertemu hewan-hewan tersebut karena hewan disini tidaklah liar.

Pengunjung juga dapat mencoba aktivitas seru seperti memberikan makan secara langsung ke monyet. Pantai Pulo Manuk juga memiliki spot untuk berenang karena pantainya yang memiliki ombak tenang sehingga para pengunjung dapat bermain air dengan puas juga disini. Tak jauh dari bibir pantai, di pantai ini juga terdapat sebuah karang yang berukuran besar yang dapat wisatawan capai hanya saat air laut sedang surut saja. Tapi jika Anda berkunjung dan air laut sedang tidak surut, Anda dapat mencoba menyewa perahu nelayan untuk melihat karang ini lebih dekat.

  • Pantai Karang Beureum

Asal mula nama pantai ini karena pantai ini memiliki warna kemerah-merahan yang diambil dari Bahasa Sunda yaitu bereum yang memiliki arti merah. Saat air laut surut, pengunjung dapat menjelajahi area pantai sampai 50 meter dari bibir pantai. Karang yang dimiliki pantai ini cukup licin karena ditumbuhi oleh lumut sehingga pengunjung wajib berhati-hati ketika berjalan diatas karangnya.

Baca Juga  Scientia Square Park Tangerang Lokasi & Harga Tiket
  • Pantai Karang Taraje

Pantai yang berada di sebelah timur dari Pantai Legon Pari ini berbeda dengan pantai lain disekitarnya yang memiliki hamparan pasir yang luas. Pantai ini terbuat dari batuan karang besar yang saling bertumpukan dan menyerupai tangga yang dalam Bahasa Sunda disebut sebagai taraje. Untuk sampai di pantai ini, Anda harus berjalan kurang lebih 15 menit dari Pantai Legon Pari.

Diatas karang terdapat semacam air terjun yang turun dari Karang Taraje yang terbentuk dari deburan ombak yang kencang ketika menghempas ke karang. Tapi pengunjung hanya dapat melihat ini ketika ombak sedang besar saja. Bagi para wisatawan yang gemar berfoto selfie, Anda wajib memperhatika posisi Anda ketika berfoto karena beberapa sudut di pantai ini cukup terjal sehingga dapat membahayakan bagi siapa saja.

  • Pantai Goa Langir

Pantai ini adalah salah satu pantai yang lokasinya cukup tersembunyi dan masih sedikit wisatawan yang tahu mengenai pantai ini. Selain terdapat pantai yang asri, disini juga terdapat goa-goa yang menembus tebing bebetuan stalagtit & stalagmit yang telah terbentuk sejak ratusan tahun lalu. Selain Goa Langir, terdapat juga beberapa goa-goa lainnya yang cukup menarik untuk dikunjungi, seperti Goa Seribu Candi, Goa Harta Karun, Goa Kanekes dan Goa Lalay.

Aktivitas Seru di Desa Sawarna

Dengan beragam tempat wisata yang menarik dimiliki oleh desa ini, para pengunjung/wisatawan yang datang juga dapat mencoba beragam jenis aktivitas seru yang ada disini, seperti:

  • Berenang

Para wisatawan yang datang ke pantai tentu beberapa diantaranya ingin menikmati aktivitas seru ini, yaitu berenang. Di beberapa pantai yang ada disini, pengunjung dapat dengan nyaman berenang karena ombaknya yang cukup nyaman dan tenang untuk digunakan sebagai spot untuk berenang. Selain itu terdapat juga penjaga pantai di beberapa pantainya sehingga pengunjung semakin merasa aman ketika berenang.

  • Desa Wisata

Selain memiliki pantai-pantai yang memukau, Desa Sawarna juga tak kalah menarik untuk dikunjungi dan dikelilingi sebagai destinasi berwisata. Wisatawan dapat melihat secara langsung adat-istiadat yang dimiliki disekeliling lingkungan pedesaan yang masih kental akan budaya-budaya tradisional.

  • Berselancar

Sebagian para pengunjung yang datang ke pantai-pantai di Sawarna adalah untuk mencoba beberapa ombak pantainya yang cukup menantang untuk digunakan sebagai spot dalam berselancar. Saat akhir pekan, Anda akan menjumpai beberapa peselancar yang datang dan mencoba mengendarai ombak disini khususnya di Pantai Pasir Putih.

Peselancar yang datang juga bukan hanya dari wisatawan lokal saja, melainkan beberapa wisatawan mancanegara juga terlihat disini. Bagi Anda yang ingin mencobanya atau lupa membawa peralatan berselancar, Anda juga dapat menyewa di beberapa rental yang ada di sekitar pantai.

  • Menikmati Matahari Terbit & Terbenam

Jika Anda sering melihat matahari terbit dan terbenam dari gunung saja, Anda harus mencoba untuk menikmati matahari terbit dan terbenam dari Desa Sawarna. Jika Anda beruntung ketika berkunjung kesini, Anda akan melihat indahnya matahari terbit dan terbenam yang cerah dengan indahnya hamparan persawahan yang luas disekitarnya.

  • Menjelajahi Goa

Aktivitas ini memanglah bukan digemari oleh semua orang, tapi untuk beberapa orang yang menyukai aktivitas menjelajahi goa, Anda wajib mencoba menjelajahi Goa Lalay atau Goa Langir yang ada disini. Tak perlu takut nyasar, disini juga wisatawan dapat menyewa pemandu yang dapat memandu sekaligus menceritakan sejarah dari goa-goa tersebut.

Fasilitas Umum Pantai Sawarna

Pantai Sawarna telah memiliki beragam faslitas yang sudah cukup baik untuk membuat para wisatawannya makin nyaman saat berada di pantai ini. Berikut adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Sawarna:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan & minum

Lokasi Pantai Sawarna

Desa Sawarna berlokasi di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten dan Pantai Sawarna berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Bagi para masyarakat Jakarta yang ingin berkunjung ke Pantai Sawarna, pengunjung harus menempuh perjalanan cukup jauh karena berjarak 179 KM atau setara dengan waktu perjalanan kurang lebih 4 jam 35 menit via Tol Jagorawi.

Baca Juga  Novus Jiva Anyer Lokasi & Harga Menginap Terbaru Februari 2023
Foto Pantai Sawarna Image From @iqb_all_
Foto Pantai Sawarna Image From @iqb_all_

Tetapi untuk Anda yang tinggal di Kota Banten, Anda hanya perlu menempuh jarak 106 KM atau waktu perjalanan kurang lebih 2 jam 51 menit untuk sampai di pantai ini. Berikut adalah alamat dari Pantai Sawarna:

Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak, Provinsi Banten

Bagi anda yang masih kesulitan menemukan lokasinya berdasarkan petunjuk dan alamat di atas, berikut kami berikut kami berikan peta lokasi menuju pantai sawarna yang dapat anda buka pada link berikut. GoogleMaps

Harga Tiket Masuk (HTM) Pantai Sawarna

Untuk masuk ke Pantai Sawarna, pengunjung hanya perlu membayar Rp. 5.000,-/orang saja. Cukup terjangkau untuk semua wisatawan yang datang. Selain itu terdapat juga beberapa pantai-pantai menarik lainnya seperti Pantai Ciantir, Pantai Tanjung Layar, Pantai Goa Langir, Pantai Legon Pari, Pantai Karang Bokor dan Pantai Pulo Manuk yang memiliki harga tiket masuk sedikit lebih mahal yaitu Rp. 10.000,-/orangnya. Untuk biaya parkir kendaraan, pengunjung harus membayar biaya parkir Rp. 5.000,- untuk motor dan Rp. 25.000,- untuk mobil.

Harga Penginapan di Pantai Sawarna

Karena beragam dan banyaknya tempat wisata yang dimiliki oleh Desa Sawarna, untuk Anda yang ingin menginap agar dapat menjelajahi semua tempat-tempat wisata yang dimilikinya, Anda dapat menginap disini beberapa hari untuk puas berwisata. Berikut adalah beberapa rekomendasi penginapan yang ada di Sawarna:

Review Pantai Sawarna Image From @amooooi_
Review Pantai Sawarna Image From @amooooi_
  • Villa Little Hula Hula Sawarna

Tarif sewa mulai dari Rp. 450.000,-/malam dengan kapasitas 2 sampai 5 orang. Jarak dari penginapan kurang lebih 300 meter saja. Fasilitas setiap kamarnya sudah memiliki AC.

  • Penginapan Pondok Ciantir

Tarif sewa mulai dari Rp. 350.000,-/malam dengan kapasitar yang cukup besar yaitu 4 sampai 6 orang. Jarak dari penginapan menuju pantai kurang lebih 150 meter saja. Fasilitas dalam kamar juga tersedia AC dan non-AC.

  • Penginapan Villa Bukit Indah

Tarif sewa mulai dari Rp. 350.000,-/malam dengan kapasitas 6 orang. Jarak dari penginapan kurang lebih 300 meter saja. Disini tersedia 3 jenis kamar mulai dari tipe kamar kayu, batu & VIP. Untuk tipe kamar kayu, pengunjung akan mendapatkan view pantai secara langsung.

  • Homestay Andrew Batara

Tarif sewa mulai dari Rp. 700.000,-/malam dengan kapasitar yang cukup besar yaitu 20 sampai 25 orang. Jarak dari penginapan menuju pantai kurang lebih 350 meter saja. Penginapan ini cocok bagi Anda yang berlibur bersama keluarga besar, teman-teman, maupun rekan kerja karena tempatnya yang luas.

  • Sinar Matahari Resort Sawarna

Tarif sewa mulai dari Rp. 350.000,-/malam dengan kapasitas 4 orang. Jarak dari penginapan kurang lebih 150 meter. Penginapan ini cocok bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Ciantir (Pantai Pasir Putih) dan Pantai Tanjung Layar karena kedua pantai ini dapat Anda akses hanya beberapa menit saja dengan berjalan kaki dari penginapan.

  • Cottage & Resort Sawarna Paradiso

Tarif sewa mulai dari Rp. 400.000,-/malam dengan kapasitas 2 sampai 6 orang. Jarak dari penginapan kurang lebih 300 meter saja. Penginapan ini cocok bagi Anda yang suka dengan design tradisional karena cottage & resort ini dibangun dengan menggunakan material 70% dari bambu. Jenis kamar yang dapat Anda pilih juga mulai dari stAndar hingga deluxe yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan.

Sekian informasi yang dapat kami berikan kali ini tentang pantai sawarna dan beberapa pantai sekitarnya di desa swarna. Kami harap artikel ini bermanfaat dan dapat membuat anda tertarik untuk berkunjung. Bila anda masih ingin mencari tempat wisata lainnya di banten kunjungi artikel kami lainnya karena kami memiliki banyak sekali artikel wisata di seluruh indonesia seperti Pantai Carita Banten, Kadena Glamping Resort Anyer, Novus Jiva Anyer dan masih banyak lagi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *