Punthuk Setumbu Magelang Lokasi & Harga Tiket Masuk Terbaru

Punthuk Setumbu Magelang – Jika anda berlibur ke Magelang, tentu tempat wisata yang akan anda pikirkan pertama kali adalah Candi Borobudur dengan keindahannya dari segala sudut. Tapi untuk anda yang sudah terlalu sering berkunjung ke Borobudur dan ingin mencari wisata atau pengalaman lainnya di Magelang, anda dapat mencoba mencoba mengunjungi Punthuk Setumbu. Karena berlokasi tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur, ketika anda berada di tempat ini, anda dapat melihat keindahan pemandangan sekitar sekaligus puncak dari Candi Borobudur yang begitu cantik dengan diselimuti awan disekitarnya. Udara sekitar pun sangat segar dan asri khas udara pegunungan. Jadi jika anda akan berkunjung ke Magelang dan bingung untuk mencari wisata lainnya selain wisata candi, anda dapat berkunjung ke Punthuk Setumbu bersama teman-teman ataupun orang terkasih untuk menikmati pengalaman berbeda.

Daya Tarik

Spot Foto Di Punthuk Setumbu Sunrise Image From @rameliavitra
Spot Foto Di Punthuk Setumbu Sunrise Image From @rameliavitra

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit indah dan cantik dengan ketinggian 400 meter dari atas permukaan laut yang terletak di gugusan bukit Menoreh, Magelang. Udara sekitar dari bukit ini juga sangatlah segar dan sejuk khas udara pegunungan. Jadi anda dapat me-refresh pikiran dan mata di tempat ini dari keseharian yang membuat kita jenuh.

Arti nama dari Punthuk Setumbu sendiri cukup unik, nama tersebut diambil dari Bahasa Jawa yaitu Punthuk yang memiliki arti gundukan, sedangkan Setumbu berarti tumbu (wadah nasi yang terbuat dari anyaman). Jadi makna dari nama tersebut adalah sebuah bukit yang bentuknya menyerupai wadah nasi yang terbuat dari anyaman.

Sebelum viral sebagai tempat wisata, bukit ini hanyalah ladang-ladang yang dimiliki oleh warga sekita tempat ini. Tetapi karena seorang photographer berkunjung ke bukit ini dan mengabadikan momen saat matahari terbit di Borobudur dari ketinggian di Punthuk Setumbu, foto tersebutlah yang mulai menarik perhatian warga lokal maupun wisatawan asing di social media. Semenjak foto tersebut viral, bukit ini sangat sering dikunjungi oleh wisatawan lokal & asing sebagai tempat untuk berburu sunrise atau matahari terbit dengan latar puncak Candi Borobudur yang dikelilingi oleh awan-awan cantik disekitarnya. Untuk anda yang ingin menikmati sunrise disini, anda harus sudah berada di bukit ini maximal di jam 5 pagi. Jadi anda harus meluangkan waktu lebih pagi lagi untuk mendaki ke puncak. Waktu untuk mendaki kurang lebih 15 menit untuk sampai ke atas bukit. Keamanan di bukit ini juga cukup baik karena ada pagar di kanan kirinya, tetapi anda tetap harus hati-hati ketika mendaki agar tidak terjatuh ataupun terpeleset.

Sebelum anda berniat ke bukit ini, anda harus menyiapkan kondisi fisik yang baik untuk mendaki.  Untuk anda yang tidak ingin terlalu lelah dalam mendaki, anda dapat menginap di rumah warga sekitar yang beberapa oleh warga disewakan untuk para wisatawan. Tarif menginapnya pun tidaklah terlalu mahal, range harga mulai dari Rp. 50.000,- sampai Rp. 100.000,- saja.

Karena keindahan alam sekitar yang begitu menakjubkan, bukit ini sangat instagramble dari segala sudutnya. Jadi jangan lupa untuk mengabadikan momen anda dan orang terkasih ketika berada disini melalui foto dan video.

Selain menikmati sunsrise di bukit ini, anda juga dapat menikmati beberapa aktivitas lainnya disini, seperti :

Menikmati Kopi dan Pemandangan Sekitar

Di bukit ini tersedia beberapa warung-warung yang menjual minuman panas/hangat dan beberapa cemilan yang dapat anda nikmati ketika berada di tempat ini. Tentu itu akan membuat suasana ketika anda berada di bukit ini lebih menyenangkan.

Berkunjung ke Gereja Ayam

Gereja Ayam ini adalah sebuah gereja tua yang telah dibangun pada tahun 1988 dan memang sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan yang mengunjungi bukit ini. Gereja ini juga pernah digunakan sebagai tempat syuting film terkenal AADC 2 (Ada Apa Dengan Cinta 2) yang membuat tempat ini makin terkenal lagi.

Jarak menuju ke tempat ini tidaklah jauh, Anda hanya perlu menempuh 375 meter saja untuk menuju ke Gereja Ayam ini. Anda harus cukup berhati-hati ketika menuju gereja ini karena jalannya cukup licin.

Selain digunakan sebagai gereja, tempat ini juga pernah digunakan sebagai tempat untuk rehabilitasi dari pecandu narkoba, ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa), dan beberapa rehabilitasi lainnya.

Berjemur di Bukit Manoreh

Saat anda berada disini, jangan telalu cepat untuk turun ketika matahari mulai naik. Anda dapat berjemur sebentar untuk mendapatkan vitamin D3 secara alami melalui sinar matahari. Tentunya kegitan ini sudahlah sangat sering atau biasa dilakukan, tetapi berjemur dari atas bukit pasti akan menjadi pengalaman yang berbeda.

Fasilitas Umum

Fasilitas umum yang disediakan di tempat ini juga terbilang sudah cukup lengkap, mulai dari :

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Gazebo
  • Kursi Kayu
  • Warung Makan

Lokasi & Jam Buka Punthuk Setumbu Magelang

Untuk anda yang ingin mengunjungi Punthuk Setumbu, tempat ini tidaklah terlalu jauh dari Candi Borobudur. Akses menuju lokasinya pun tidak terlalu sulit. Jika anda memulai perjalanan dari Yogyakarta dengan mengarahkan GPS ke Candi Borobudur, anda harus menempuh jarak 44 KM atau setara dengan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Sedangkan untuk anda yang memulai perjalanan dari Magelang, jalurnya dari pertigaan arah Candi Borobudur anda harus belok kiri (sama seperti jalur ketika ingin berkunjung ke Candi Borobudur), saat anda sampai di depan Taman Wisata Candi Borobudur, anda cukup mencari Hotel Manohara lalu lurus saja untuk menuju ke Bukit Manoreh. Jika anda telah menemukan papan jalan “Borobudur Nirwana Sunrise”, anda hanya cukup mengikuti petunjuk jalan saja hingga sampai di lokasi.

Setelah sampai di area parkir, anda dapat memulai perjalanan untuk mendaki ke bukit. Anda hanya perlu menempuh waktu kurang lebih 15 menit saja. Anda juga tidak perlu khawatir karena jalur menuju ke puncak tidaklah terlalu sulit tetapi anda harus tetap hati-hati.

Karena bukit ini terkenal sebagai tempat untuk menikmati sunrise atau matahari terbit, tempat ini mulai dibuka dari pukul 04.00 WIB dan ditutup pada pukul 17.00 WIB.

Berikut ini adalah rute perjalanan menuju Punthuk setumbu yang dapat anda buka melalui link berikut. GoogleMaps

Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu Magelang Desember 2021

Harga tiket masuk (HTM) dan biaya parkir kendaraan tidaklah terlalu mahal. Berikut adalah detailnya:

  • Harga Tiket Masuk (HTM)

Wisatawan Domestik Rp. 15.000,- / orang

Wisatawan Asing Rp. 25.000,- / orang

  • Tarif Parkir Kendaraan

Motor Rp. 2.000,- / motor

Mobil Rp. 5.000,- / mobil

Galeri Foto Punthuk Setumbu Magelang

Berikut ini beberapa foto-foto menarik yang ada di lokasi wisata Punthuk setumbu Magelang yang dapat anda lihat serta mungkin dapat membuat anda lebih tertarik untuk berkunjung.

View Borobudur Dari Punthuk Setumbu Image From @maspeot
View Borobudur Dari Punthuk Setumbu Image From @maspeot
Berfoto Di Punthuk Setumbu Magelang Image From @wisata_oke
Berfoto Di Punthuk Setumbu Magelang Image From @wisata_oke
View Pemandangan Di Punthuk Setumbu Image From @bangziill
View Pemandangan Di Punthuk Setumbu Image From @bangziill
Bermain Ayunan DiPunthuk Setumbu Magelang Image From @inekewsari
Bermain Ayunan DiPunthuk Setumbu Magelang Image From @inekewsari

Sekian Informasi Tempat Wisata Magelang Punthuk setumbu yang dapat kami ulas kali ini. semoga informasi ini berguna bagia anda yang sedang mencari tempat wisata di kota magelang. Semoga liburan anda yang akan datang menjadi momen tak terlupakan. cari tau berbagai tempat wisata menarik lainnya di Wisata Magelang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *